Tuesday, October 25, 2016

Tips Nonton MotoGP Sepang



Berita Seputar MotoGP - Tahun 2014 lalu, akhirnya kesampaian juga nonton MotoGP live di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sejujurnya saya masih agak blank pas berangkat. Informasi yang di dapatkan di internet masih kurang banyak. Jadi, berbekal tiket race, tiket pesawat dan tekad ketemu Valentino Rossi cs, pokoknya berangkat aja dulu, gimana ntar di sana ya udah jalanin aja, yang kebetulan juga bertepatan dengan even 1001 MotoGP Sepang untuk 1001 nasabah PT. Adira Finance yang beruntung sehingga  Sirkuit Sepang semakin menguning dengan atribut-atribut mereka. Nah, karena itulah tulisan ini dibuat. Masih penonton MotoGP amatir sih karena baru sekali nonton langsung, tapi semoga tips-tips ini bisa membantu.

Apa yang perlu di siapkan :
  1. KTP yang masih berlaku.
  2. Paspor yang masih berlaku.
  3. Tiket Pesawat (PP) Kuala Lumpur.
  4. Tiket Race.
  5. Makanan dan obat-obatan bila perlu.

Budget
 
Ini variatif karena preferensi masing-masing orang beda, dan dipengaruhi banyak hal. Jumlah hari, tiket pesawat, tiket race, akomodasi,  transport selama di sana, makan, oleh-oleh, dll. Sekedar bayangan, selama 6 hari di sana total dana yang di habiskan sekitar 6 juta/orang. Tenang, jumlah segitu karena nggak beruntung aja soal tiket pesawat, jadi selama biaya untuk tiket pesawat bisa ditekan, budget juga bisa lebih terjangkau. Tapi untuk perkiraan, setidaknya siapkan 3 juta ya.


Pergi sendiri atau ikut tour?
 
Buat yang nggak mau ribet, silakan ikut tour yang apa-apa sudah diurus dan kita udah tinggal bawa badan aja. Cuma nggak enaknya selain di harga yang lebih mahal, kita nggak bisa lama di sirkuit. Ikut
tour berarti akan ada jadwal city tour yang biasanya menghabiskan waktu sehari selama di Malaysia. Kompensasinya, kita cuma bisa nonton racenya aja, mentok-mentok dapet bonus nonton kualifikasi di hari Sabtu. Dan biasanya kita nggak dikasih tiket Main Grandstand, paling K1 Grandstand. Kalo saya sih mana puas cuma di sirkuit sehari doang. Pergi sendiri emang lebih ribet, tapi kita bebas menentukan mau kemana dan ngapain aja. Lagipula, Kuala Lumpur bukan kota yang sulit buat dijelajah sendiri kok. Saran buat yang mau ikut tour, pilihlah travel yang terpercaya.


Tiket Pesawat
 
Hari gini gampang lah ya cari tiket pesawat promo. Salah satu website untuk membeli tiket pesawat online yang murah bisa melalui www.rossifumi-travel.com. Harga bervariasi tergantung tiap-tiap maskapai dan tanggal kapan membelinya. Sebaiknya belilah maksimal satu bulan sebelum keberangkatan dan pilihlah maskapai yang selalu mengeluarkan tiket promo.


Tiket Race
 
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiXTii3jTTcg0M-T9r51Y_LUjOS6uYAdnmPgrFpj41u9UDkbpeB-yng4sH2WHkLmKEBzp9YH70QBLrwyElMy5nOxvQPvsNqKHhgOkgs9FSQQ_OkLpTg0IFQKWgW1BFKdDY0wHqL5D3_jjJ/s1600/IMG00400-20141025-1019.jpg
      Belilah tiket Early Bird karena jauh lebih murah dari harga normal. Tiket Early Bird cuma bisa dibeli sampai 30 Juni, jadi buat yang pengen pergi tapi masih ragu-ragu, putuskanlah sebelum akhir Juni. Harga tiket bervariasi tergantung mau nonton dari sebelah mana. Tiket Main Grandstand yang menurut saya paling oke, mau yang lebih murah bisa di K1 Grandstand, F Grandstand, C2 Hillstand atau Premier Roving yang punya akses ke semua tribun penonton. Belinya bisa di sepangcircuit.com atau motogp.com. Kalau bingung bisa juga cari di travel agent yang jual tiketnya secara resmi, salah satunya bisa melalui Rossifumi Travel agen resmi dari PT. MMBC Tour and Travel, berikut rincian tiket dan harganya di tahun 2016:
  1.       Kategori Premier Roving IDR @1.100.000
  2.       Kategori Main Grandstand IDR @740.000
  3.       Kategori VR46 Tribune IDR @599.000
  4.       Kategori MARC Marquez Tibune IDR @919.755
     Keterangan :
  • BONUS Merchandise VRossi Fans & Marc Marquez Fans untuk area VR46 dan Marc Marquez Zone.
  • Free Bus Shuttle untuk kategori tiket Premier Roving.
  • Tiket hanya tiket masuk sirkuit dan tidak termasuk akomodasi hotel, transportasi dll.
Baca juga Sold Out! Tiket MotoGP Malaysia Ludes Semua satu bulan sebelum race di mulai.

Akomodasi
 
Banyak sekali pilihan tergantung lokasi, budget, dan preferensi. Kalian mau sambil jalan-jalan keliling KL atau mau puas-puasin main di sirkuit? Kalo mau sambil jalan-jalan, pilihan yang pas hotel di daerah kota. Kalo lebih sering ke sirkuit bisa di daerah sekitarnya biar cepat sampai sirkuit dan hemat ongkos. Pilihan hotel dekat sirkuit bisa cari di dekat bandara KLIA / KLIA 2, daerah Enstek atau Nilai. Sementara di kota pilihan lebih banyak lagi, bisa di sekitar KL Sentral biar transportasi gampang, atau di Bukit Bintang yang selalu ramai.

Transportasi
 
Pilihan transportasi utama dari dan ke sirkuit adalah bus atau taksi. Kalau hotel kita di kota, bis jadi pilihan yang lebih reasonable dengan harga RM 18 untuk sekali jalan atau RM 30 untuk pulang pergi dari KL Sentral ke Sepang International Circuit (SIC). Kalau hotel kita lebih dekat sirkuit, pilihan paling enak naik taksi, apalagi kalo banyak temennya. Memang agak mahal, tapi kalo dibagi-bagi sama temen kan lebih ringan. Sekedar bayangan, tahun lalu aku nginep di daerah Nilai yang kira-kira satu jam ke sirkuit itu taksinya RM 40 sekali jalan. Kalo dibagi berempat seorang kan cuma RM 10, lumayan lah lebih irit. Cuma jangan kaget kalo transport nanti bakalan makan banyak anggaran kita, apalagi kalo 3 hari bolak balik sirkuit terus lumayan juga.

Makanan dan minuman
 
Cari makan di luar sirkuit sih gampang, RM 2 aja udah kenyang makan nasi lemak di pinggir jalan. Yang agak ribet itu pas di sirkuitnya. Banyak sih yang jualan, ada KFC, Pizza Hut, aneka sandwich atau roti isi, sate juga ada, tapi ya harganya mahal, rata-rata RM 20. Air mineral dingin RM 3. Terus terang saya sayang sekali ngeluarin duit segitu buat beli makan doang, jadi lebih baik skip makan meskipun di sirkuit seharian (laper hilang, mungkin karena pengaruh ketemu Valentino Rossi hehe...). Tapi yang begitu jangan dicontoh, efek jarang makan di Sepang bikin jadi gampang sakit setelah balik ke Indonesia. Mungkin cuma saya aja, tapi nggak ada salahnya jaga makan selama liburan. Kalo beli di sirkuit rasanya terlalu mahal, bawalah ransum sebanyak-banyaknya. Tapi, kita nggak dibolehin bawa makanan dan minuman dari luar, bakal ada pemeriksaan sebelum masuk ke area sirkuitnya. Tapi nggak boleh bukan berarti nggak bisa kan?

Apa yang perlu dibawa?
 
Bawalah barang yang biasa dibawa pas traveling keluar negeri. Cuma yang perlu diperhatikan, Sepang itu panasnya banget banget banget. Jadi nggak usah bawa baju yang ribet, semakin simpel semakin bagus. Bawa baju ekstra kalo habis dari sirkuit mau jalan-jalan lagi, soalnya pasti keringetan. Bawa payung soalnya Sepang suka tiba-tiba ujan deres, terus nggak lama panas lagi. Bawa kipas soalnya gerah banget. Bawa sunblock dan oleskan sesering mungkin. Walaupun ujung-ujungnya tetap bakalan gosong sih, tapi nggak ada salahnya usaha kan? Dan jangan lupa siapin kamera kalian, minimal smartphone untuk foto-foto untuk di upload ke sosial media.


Kalo mau ketemu rider kesayangan caranya gimana?
 
Kemungkinan terbesar dengan ikut pitlane walk hari Jum’at sore dan rider’s autograph session hari Sabtu siang.


Pitlane Walk

Di sesi ini kita bisa jalan-jalan di pitlane, kalau beruntung pembalap bakal muncul di garasinya, dan kalau lagi beruntung banget si pembalap itu mau nyamperin buat tanda tangan atau foto bareng. Pitlane walk Sepang diadakan di hari Jum’at sore, jam 16.40 – 17.20. Dulu sih ini cuma buat pemegang tiket main grandstand, tapi sekarang 1000 orang pertama bisa masuk apapun tiketnya. Tips, antrilah dari jam setengah 3 biar dapet antrian awal dan bersabarlah menunggu sampai saatnya masuk pitlane tiba. Ini sesi penuh perjuangan, paling keringetan ya pas ini, soalnya nunggunya lama banget.

Rider’s autograph session
 
Hari Sabtu, jam 11.30 – 12.30. Tips, datanglah sepagi mungkin biar dapet antrian awal. Oh ya, sesi ini dibagi 2 masing-masing 30 menit, kita baru tau siapa rider yang kebagian sesi 1 atau 2 persis pas sesi itu berlangsung. Jadi ya untung-untungan, yang dateng pagi dan dapet antrian awal meskipun rider yang dimau kebagian sesi 2, masih bisa melipir-melipir kasih yang lain naik dulu. Yang susah kalo udah antri di belakang, eh rider inceran ternyata di sesi 1. Kan nyesek udah antri panas-panas nggak ketemu. Oh ya, di rider’s autograph session kita akan dapet 1 poster yang ditandatangani keroyokan, sama boleh kalo mau nyodorin 1 barang personal atau lebih asal nggak keburu diusir aja, haha. Tapi inget, nggak boleh foto bareng ya. Info tambahan, kabarnya sesi ini cuma buat 400 orang pertama, jadi datang pagilah daripada gigit jari gara-gara rider udah di depan mata tapi antrian di-cut.

Where to go in KL?
 
Sejujurnya saya nggak tau banyak soal tempat jalan-jalan di KL karena saya merasa KL kurang menarik buat dieksplor. Paling mentok foto di Petronas Tower, main di Bukit Bintang, sama cari oleh-oleh di Chinatown doang, sisanya di sirkuit terus sampe gosong.

Race Day
 
Jangan kaget liat ramenya SIC di hari Minggu, main grandstand dijamin super penuh. Lagi-lagi tips yang sama, datanglah sepagi mungkin karena posisi menentukan prestasi. Karena datang pagi, saya berhasil dapet tempat inceran di baris terdepan persis di depan paddock Valentino Rossi. Semakin siang tribun akan makin ramai, dan begitu race dimulai kita udah susah buat pergi-pergi.


Perlu beli earplug nggak?
 
Tergantung. Suara mesin MotoGP emang super berisik, apalagi pas pertama kita denger, tapi lama-kelamaan telinga akan terbiasa kok. Kalo emang nggak tahan, di Mall Area ada yang jual harganya RM 5. 

Official merchandise
 
Sayang dong udah jauh-jauh ke Sepang tapi kita nggak punya kenang-kenangan apapun. Tenang, di Mall Area SIC ada banyak sekali booth merchandise official. Tapi bawa duit banyak ya kalo mau borong, soalnya mahal banget, namanya juga barang official. Topi RM 150, bendera RM 100, apalagi kaos atau barang kecil macam gantungan kunci gitu.
Oke...semoga ketemu di Sirkuit Sepang tahun ini di Main Grandstand ya...

No comments:

Post a Comment