Berita Seputar MotoGP - Ducati menjadi pabrikan dengan fairing paling radikal sejauh ini, dan KTM menjadi satu-satunya pabrikan yang belum merilis fairing terbaru mereka.
Direktur Teknik MotoGP, Danny Aldridge adalah "satu-satunya hakim" dan yang berhak memutuskan, apakah fairing-fairing tiap tim legal atau ilegal?
"Secara teknis produsen tidak harus menunjukkan fairing 2017 mereka sampai kita ke Grand Prix Qatar," jelas Aldridge.
"Tapi saya sangat merekomendasikan bahwa semua produsen harus menunjukkan sebelum seri Qatar, karena jika merilis fairing di balapan Qatar dan bentuknya belum dikonfirmasi, misalnya dinyatakan ilegal menurut keputusan saya, maka mereka dalam masalah besar," tegasnya.
Aldridge juga belum memutuskan, apakah fairing radikal milik Ducati diperbolehkan atau tidak, tapi menurutnya, ia tidak peduli dengan bentuknya, yang penting tidak melanggar batas dimensi yang sudah ditetapkan.
Dari kelima fairing yang terintegrasi dengan "winglet" sejauh ini pada Yamaha, Suzuki, Aprilia, Honda dan Ducati. Apakah ada yang melanggar aturan?
"Dari apa yang saya lihat, dan ingat mereka belum resmi memutuskan fairing tersebut untuk digunakan musim ini, setidaknya keputusan akan diambil hari kamis nanti sebelum seri Qatar, jadi ada banyak hal bisa berubah.
Fairing Yamaha terlihat lengkap. Tapi mereka bebas untuk mengubah bentuk dan jumlah winglets internal (sayap sisi dalam dan tidak terlihat dari bagian luar), karena saya hanya mengontrol bentuk eksternal," kata Aldridge.
"Dengan Suzuki, itu tergantung bagaimana mereka memperbaikinya dengan sisa sasis. Jika mereka membuatnya dalam satu potong, maka tidak dapat dihapus.
Produsen harus menyediakan fairing sampel atau gambar jelas di Qatar nanti, saya juga akan melihat foto jelasnya.
"Jadi jika saya pergi ke Yamaha atau Suzuki dan serat karbon terintegrasi menjadi satu bagian, mereka tidak bisa kemudian membuat beberapa sendi di fairing sehingga beberapa bagian yang dilepas, bahkan jika bentuk eksterior masih persis sama yang sama berlaku.
"Di Qatar nanti, akan ada bagian yang akan kita lepas, dan beberapa bagian lainnya tidak, kita akan mengaturnya sebelum seri pembuka," sambung Aldridge saat diwawancarai Crash.
Lalu bagaimana dengan fairing Ducati? Apakah legal?
Direktur Teknik MotoGP, Danny Aldridge adalah "satu-satunya hakim" dan yang berhak memutuskan, apakah fairing-fairing tiap tim legal atau ilegal?
"Secara teknis produsen tidak harus menunjukkan fairing 2017 mereka sampai kita ke Grand Prix Qatar," jelas Aldridge.
"Tapi saya sangat merekomendasikan bahwa semua produsen harus menunjukkan sebelum seri Qatar, karena jika merilis fairing di balapan Qatar dan bentuknya belum dikonfirmasi, misalnya dinyatakan ilegal menurut keputusan saya, maka mereka dalam masalah besar," tegasnya.
Aldridge juga belum memutuskan, apakah fairing radikal milik Ducati diperbolehkan atau tidak, tapi menurutnya, ia tidak peduli dengan bentuknya, yang penting tidak melanggar batas dimensi yang sudah ditetapkan.
Dari kelima fairing yang terintegrasi dengan "winglet" sejauh ini pada Yamaha, Suzuki, Aprilia, Honda dan Ducati. Apakah ada yang melanggar aturan?
"Dari apa yang saya lihat, dan ingat mereka belum resmi memutuskan fairing tersebut untuk digunakan musim ini, setidaknya keputusan akan diambil hari kamis nanti sebelum seri Qatar, jadi ada banyak hal bisa berubah.
Fairing Yamaha terlihat lengkap. Tapi mereka bebas untuk mengubah bentuk dan jumlah winglets internal (sayap sisi dalam dan tidak terlihat dari bagian luar), karena saya hanya mengontrol bentuk eksternal," kata Aldridge.
"Dengan Suzuki, itu tergantung bagaimana mereka memperbaikinya dengan sisa sasis. Jika mereka membuatnya dalam satu potong, maka tidak dapat dihapus.
Produsen harus menyediakan fairing sampel atau gambar jelas di Qatar nanti, saya juga akan melihat foto jelasnya.
"Jadi jika saya pergi ke Yamaha atau Suzuki dan serat karbon terintegrasi menjadi satu bagian, mereka tidak bisa kemudian membuat beberapa sendi di fairing sehingga beberapa bagian yang dilepas, bahkan jika bentuk eksterior masih persis sama yang sama berlaku.
"Di Qatar nanti, akan ada bagian yang akan kita lepas, dan beberapa bagian lainnya tidak, kita akan mengaturnya sebelum seri pembuka," sambung Aldridge saat diwawancarai Crash.
Lalu bagaimana dengan fairing Ducati? Apakah legal?
"Fairing Yamaha saya sudah pernah lihat, Suzuki saya sudah lihat. Namun
sayangnya tes Moto2 dan Moto3 di Jerez tumpang tindih dengan tes MotoGP
di Qatar.
Jadi, saya selalu pergi ke tes pertama untuk setiap kelas, saya tidak ada di tes Qatar kemarin karena ke Jerez," cerita Aldridge.
"Saya tidak pernah melihat fairing Ducati sebelum mereka gunakan di Qatar. Sebelumnya saya sudah kontak orang-orang Ducati, dan mereka sudah mengirim beberapa rincian, tapi saya belum mengonfirmasi secara resmi apakah fairing mereka ilegal atau legal.
Saya belum melihatnya dengan rinci, dari apa yang saya lihat, dan juga karena saya bertanya Mike Webb (Direktur Balap dan mantan Direktur Teknik) untuk melihatnya di Qatar. Kami telah berdiskusi cukup banyak," sambungnya.
"Untuk menjelaskan apa yang saya cari, misalnya fairing Ducati yang seakan-akan terlihat lebih besar, bulat, dan menonjol keluar di bagian atas, tapi memang pada dasarnya fairing selalu digunakan untuk itu, selalu ada tonjolan keluar di daerah itu untuk melindungi tangan, sekarang mungkin bentuknya hanya lebih persegi," katanya lebih rinci lagi.
"Jadi saya tidak terlalu khawatir tentang Ducati. Jujur, saya pikir itu akan baik-baik saja. Namun sepertinya Ducati sudah mempersiapkan desain itu secara sempurna,
Fairing Ducati terlihat seperti salah satu bagian yang lengkap, tidak seperti milik Yamaha atau Honda," pungasnya.
Jadi, saya selalu pergi ke tes pertama untuk setiap kelas, saya tidak ada di tes Qatar kemarin karena ke Jerez," cerita Aldridge.
"Saya tidak pernah melihat fairing Ducati sebelum mereka gunakan di Qatar. Sebelumnya saya sudah kontak orang-orang Ducati, dan mereka sudah mengirim beberapa rincian, tapi saya belum mengonfirmasi secara resmi apakah fairing mereka ilegal atau legal.
Saya belum melihatnya dengan rinci, dari apa yang saya lihat, dan juga karena saya bertanya Mike Webb (Direktur Balap dan mantan Direktur Teknik) untuk melihatnya di Qatar. Kami telah berdiskusi cukup banyak," sambungnya.
"Untuk menjelaskan apa yang saya cari, misalnya fairing Ducati yang seakan-akan terlihat lebih besar, bulat, dan menonjol keluar di bagian atas, tapi memang pada dasarnya fairing selalu digunakan untuk itu, selalu ada tonjolan keluar di daerah itu untuk melindungi tangan, sekarang mungkin bentuknya hanya lebih persegi," katanya lebih rinci lagi.
"Jadi saya tidak terlalu khawatir tentang Ducati. Jujur, saya pikir itu akan baik-baik saja. Namun sepertinya Ducati sudah mempersiapkan desain itu secara sempurna,
Fairing Ducati terlihat seperti salah satu bagian yang lengkap, tidak seperti milik Yamaha atau Honda," pungasnya.
No comments:
Post a Comment