Berita Seputar MotoGP - Sayap eksternal atau winglet dengan resmi telah dilarang dan pedoman penggunaan fairing juga telah diatur untuk MotoGP pada tahun 2017.
Namun untuk pengembangan part aerodinamis tidak akan berhenti setelah musim dimulai, demikian konfirmasi dari direktur balap MotoGP, Mike Webb.
Sebaliknya, peraturan 2017 telah ditulis sehingga memungkinkan setiap enam produsen seri 'untuk mengubah isi internal setiap saluran eksternal, misalnya seperti yang terlihat di tes pra-musim di Malaysia dan Australia.
Artinya pengembangan kemungkinan besar akan terus berlanjut, meskipun dalam kapasitas terbatas.
Keputusan untuk melarang sayap aerodinamis dari musim ini mulai mencuat sejak pertengahan musim 2016 kemarin, satu-satunya alasan mengapa sayap dilarang adalah segi keamanan.
Terlebih lagi, untuk melakukan serangkaian test winglet, pabrikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Jadi MotoGP musim 2017 semua motor tampil tanpa winglet, namun direktur balap membolehkan tiap pabrikan untuk membuat sistem aerodinasi sendiri tanpa menambahkan sayap di sisi luar fairing.
Sebelumnya muncul anggapan bahwa fairing tiap pabrikan tahun dibekukan sebelum balapan di Qatar dan tidak boleh dirombak lagi ketika musim sudah berjalan.
Namun untuk pengembangan part aerodinamis tidak akan berhenti setelah musim dimulai, demikian konfirmasi dari direktur balap MotoGP, Mike Webb.
Sebaliknya, peraturan 2017 telah ditulis sehingga memungkinkan setiap enam produsen seri 'untuk mengubah isi internal setiap saluran eksternal, misalnya seperti yang terlihat di tes pra-musim di Malaysia dan Australia.
Artinya pengembangan kemungkinan besar akan terus berlanjut, meskipun dalam kapasitas terbatas.
Keputusan untuk melarang sayap aerodinamis dari musim ini mulai mencuat sejak pertengahan musim 2016 kemarin, satu-satunya alasan mengapa sayap dilarang adalah segi keamanan.
Terlebih lagi, untuk melakukan serangkaian test winglet, pabrikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Jadi MotoGP musim 2017 semua motor tampil tanpa winglet, namun direktur balap membolehkan tiap pabrikan untuk membuat sistem aerodinasi sendiri tanpa menambahkan sayap di sisi luar fairing.
Sebelumnya muncul anggapan bahwa fairing tiap pabrikan tahun dibekukan sebelum balapan di Qatar dan tidak boleh dirombak lagi ketika musim sudah berjalan.
No comments:
Post a Comment