Thursday, January 30, 2020

Valentino Rossi, Antara Masa Depan Di MotoGP Dan Dukungan Yamaha


Berita Seputar MotoGP - Nama Rossi menempati puncak trending topic Indonesia. Ini tak lepas setelah tim Monster Energy Yamaha memutuskan untuk menarik Fabio Quartararo sebagai tandem Maverick Vinales pada ajang MotoGP tahun depan.

Keputusan tim Yamaha untuk menyusun pembalap tahun depan terbilang cukup cepat. Dalam waktu dua hari, pabrikan Jepang ini sudah melengkapi line up pembalap pada MotoGP 2021 mendatang.

Pada Selasa (28/1), Maverick Vinales menjadi pembalap pertama yang mengguratkan tinta untuk membarui kontraknya pada tahun ini. Dia juga menjadi pembalap pertama yang berhasil mengamankan posisinya di tim pabrikan MotoGP hingga 2022 mendatang.


Selang satu hari kemudian, tim Yamaha mengumumkan mitra Vinales yakni Quartararo. Pembalap asal Prancis itu bakal menggantikan posisi Rossi sebagai penunggang kuda besi M1 pada tahun depan.

Berbeda dengan Vinales, tim Yamaha hanya mengontrak Quartararo selama satu musim saja. Sontak saja, nama Rossi pun menjadi perbincangan hangat di media sosial Twitter. 


Maklum, pembalap yang telah mengabdi selama 14 tahun bersama pabrikan Jepang (2004-2010, 2013-2019) belum memiliki kejelasan mengenai masa depannya di arena pacuan kuda besi MotoGP. Jika Rossi pensiun pada tahun depan, tentunya ini bukan kabar yang menyenangkan buat penggemar MotoGP di Indonesia. Sebab, tahun depan Indonesia bakal menggelar hajatan balapan 1000cc di Mandalika.

"Untuk alasan yang ditentukan oleh pasar pembalap, Yamaha meminta saya di awal tahun untuk membuat keputusan tentang masa depan saya. Konsisten dengan apa yang saya katakan selama musim lalu, saya menegaskan bahwa saya tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan dan membutuhkan lebih banyak waktu," kata Rossi dikutip dari laman resmi tim Yamaha, Rabu (29/1).

"Yamaha telah bertindak sesuai dan menyimpulkan negosiasi yang sedang berlangsung. Jelas bahwa setelah perubahan teknis terakhir dan dengan kedatangan kepala kru baru, tujuan pertama saya adalah untuk menjadi kompetitif tahun ini dan untuk melanjutkan karir saya sebagai pembalap MotoGP juga pada tahun 2021."

Rossi menggarisbawahi sebelum dirinya membuat keputusan tentang masa depannya, dia perlu memiliki beberapa perasaan yang baik pada tunggangan barunya, terutama di balapan awal. Tahun ini Rossi akan menyelesaikan petualangannya bersama tim Yamaha untuk tahun ke-15, dan dia berharap dapat memberikan yang terbaik.

Setelah diskusi antara Yamaha dan Rossi, pembalap Italia itu akan mengambil keputusan tentang masa depannya pada pertengahan 2020. Kerangka waktu ini diminta oleh Rossi untuk mengevaluasi kecepatan kompetitifnya setelah menyelesaikan tujuh atau delapan balapan pertama tahun ini.

"Jika saya memutuskan untuk melanjutkan, Yamaha siap mendukung saya dalam segala hal, memberi saya motor khusus pabrik dan kontrak pabrik. Pada tes pertama, saya akan melakukan yang terbaik untuk melakukan pekerjaan dengan baik bersama tim saya dan siap untuk awal musim," pungkas Rossi. 

No comments:

Post a Comment