Saturday, October 5, 2019

Sirkuit Internasional Chang, Lintasan Berbahaya Di MotoGP 2019

Sirkuit Internasional Chang, Lintasan Berbahaya di MotoGP 2019

Berita Seputar MotoGP - Sirkuit Internasional Chang memasuki tahun kedua untuk menggelar balapan MotoGP. Arena pacuan kuda besi ini dikenal sebagai lintasan yang paling rumit. Ini bukan isapan jempol belaka, sebab sudah banyak pengakuan yang disampaikan sirkus MotoGP selama mereka merasakan sensasi balapan di lintasan sepanjang 4,5 km tersebut.

Sirkuit Internasional Chang, yang terletak di Kota Buriram itu sudah familiar bagi pembalap World Superbike (WSBK) ketimbang MotoGP. Sebab, lintasan yang memiliki 12 tikungan itu sudah menjadi lintasan balap WSBK sejak 2015. Tujuh tikungan kanan dan lima kiri.

Meski demikian, antusiasme penikmat balap MotoGP di Thailand tak sepi. Buktinya, pihak penyelenggara Sirkuit Internasional Chang langsung mencetak rekor pada debutnya tahun lalu. Ini berkaitan dengan jumlah penonton terbanyak (222.535 penonton).

Sirkuit Internasional Chang mengalahkan sirkuit yang sudah lebih lama menjadi tuan rumah, seperti Red Bull Ring. Di balik kehebohan yang terjadi, sirkuit ini menyimpan banyak cerita salah satunya mengenai tingkat kesulitan yang dihadapi sirkus MotoGP.

Dari laman resmi MotoGP, ada tiga area yang bakal dirasakan pembalap selama melakukan overtaking. Pertama, adalah di straight di start-finish line dan Tikungan 1 (Zona 1). Pada akhir straight tersebut ada Tikungan 3 (Zona 2) ke arah kanan yang berbentuk U Turn.

Terakhir ada Tikungan 12 di Zona 3 dengan tikungan L, yang akan memancing joki top dunia untuk agresif menyerang pada lap terakhir balapan. Tapi cerita tentang 'keangkeran' Sirkuit Internasional Chang tak pernah sepi.

Pada debutnya di MotoGP tahun lalu, Lorenzo menjadi korban dari keganasan sirkuit ini. Saat itu, pembalap yang masih berstatus sebagai joki tim Ducati mengalami kecelakaan hebat saat menjalani sesi latihan bebas kedua.

Lorenzo mengalami kecelakaan hebat di tikungan kedua FP2. Dia terlempar ke pinggir lintasan dan motor Desmosedici GP18 mengalami rusak berat. Dari hasil pemeriksaan diketahui jika juara dunia tiga kali MotoGP itu tidak mengalami patah tulang.

Belum juga hilang dari ingatan tentang peristiwa menakutkan yang menimpa Lorenzo. Marc Marquez kini yang merasakan panasnya aspal Sirkuit Internasional Chang. Pembalap tim Repsol Honda itu mengalami kecelakaan di tikungan ketujuh pada FP1.

Akibatnya Marquez terpaksa dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mengetahui kondisinya. "Marc mengalami kecelakaan hebat seperti yang Anda semua lihat. Untungnya, dia baik-baik saja. Dia pergi ke pusat medis dan kemudian ke rumah sakit untuk memeriksa semuanya. Mereka melakukan MRI dan semuanya terlihat baik-baik saja. Tentu saja, dia memiliki beberapa memar di bagian belakang dan kakinya, tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Untungnya dia beruntung lolos dari cedera serius," kata manajer tim Alberto Puig.  

No comments:

Post a Comment