Berita Seputar MotoGP - Pembalap Ducati Team, Jorge Lorenzo menegaskan bahwa tujuan larangan penggunaan sayap di MotoGP sangat merugikan Ducati.
Sepanjang awal musim 2016, Ducati berusahan dengan keras untuk menghentikan larangan perangkat aerodinamika tersebut, karena winglets menjadi elemen kunci dalam mengendalikan kekuatan besar dari Desmosedici.
Pada akhirnya, tekanan dari tim lain, yang memperkenalkan sayap mereka sendiri, memenangkan debat dan mulai 2017 winglets resmi dilarang penggunaannya dengan alasan keamanan.
"Jika winglets benar-benar membuat khawatir dalam hal keselamatan, maka sudah sejak paruh kedua musim 2016 dilarang," kata Lorenzo kepada MotorSport.
"Sirkuit Catalunya saja berubah dalam waktu 10 menit setelah kecelakaan tragis yang menimpa mendiang Luis Salom, jadi bagaimana mereka masih menggunakan winglet jika dinyatakan berbahaya?
Menurut pendapat saya, ada pengaruh dari beberapa produsen yang bermain curang dalam pertemuan tersebut," tambah pembalap asal Spanyol itu,
Bos Duati, Paolo Ciabatti juga setuju dengan pernyataan Lorenzo terkait larangan winglets.
"Ketika menggunakan sayap, kami bekerja keras di sisi aerodinamis, kemudian sayap dilarang berdasarkan masalah keamanan, padahal tidak ada yang membahayakan dari penggunaannya," ucap Ciabatti.
"Ada banyak kecelakaan tahun ini dan tidak satu pun pembalap yang menderita goresan winglets. Sudah jelas bahwa Ducati jauh mengungguli produsen lain dengan winglets, dan produsen lain berusaha mengakali kami dengan larangan tersebut," tegas pria Italia itu.
Sepanjang awal musim 2016, Ducati berusahan dengan keras untuk menghentikan larangan perangkat aerodinamika tersebut, karena winglets menjadi elemen kunci dalam mengendalikan kekuatan besar dari Desmosedici.
Pada akhirnya, tekanan dari tim lain, yang memperkenalkan sayap mereka sendiri, memenangkan debat dan mulai 2017 winglets resmi dilarang penggunaannya dengan alasan keamanan.
"Jika winglets benar-benar membuat khawatir dalam hal keselamatan, maka sudah sejak paruh kedua musim 2016 dilarang," kata Lorenzo kepada MotorSport.
"Sirkuit Catalunya saja berubah dalam waktu 10 menit setelah kecelakaan tragis yang menimpa mendiang Luis Salom, jadi bagaimana mereka masih menggunakan winglet jika dinyatakan berbahaya?
Menurut pendapat saya, ada pengaruh dari beberapa produsen yang bermain curang dalam pertemuan tersebut," tambah pembalap asal Spanyol itu,
Bos Duati, Paolo Ciabatti juga setuju dengan pernyataan Lorenzo terkait larangan winglets.
"Ketika menggunakan sayap, kami bekerja keras di sisi aerodinamis, kemudian sayap dilarang berdasarkan masalah keamanan, padahal tidak ada yang membahayakan dari penggunaannya," ucap Ciabatti.
"Ada banyak kecelakaan tahun ini dan tidak satu pun pembalap yang menderita goresan winglets. Sudah jelas bahwa Ducati jauh mengungguli produsen lain dengan winglets, dan produsen lain berusaha mengakali kami dengan larangan tersebut," tegas pria Italia itu.
No comments:
Post a Comment