Berita Seputar MotoGP - Valentino Rossi pesemistis menatap balapan seri keenam MotoGP di Grand
Prix Mugello pada 2 Juni 2019. Ini disebabkan lantaran kecepatan motor
M1 belum banyak mengalami perubahan.
Mugello sebenarnya bisa dijadikan sebagai titik balik penampilan Rossi di musim ini. Pasalnya, pembalap tim Yamaha memiliki raport bagus selama mengaspal di Sirkuit Mugello.
Rossi tercatat pernah mengukir tujuh kemenangan beruntun di kelas utama MotoGP pada musim 2002-2008. Sayangnya, sejak itu pembalap berjuluk The Doctor belum pernah merasakan berdiri gagah di podium pertama.
Mugello sebenarnya bisa dijadikan sebagai titik balik penampilan Rossi di musim ini. Pasalnya, pembalap tim Yamaha memiliki raport bagus selama mengaspal di Sirkuit Mugello.
Rossi tercatat pernah mengukir tujuh kemenangan beruntun di kelas utama MotoGP pada musim 2002-2008. Sayangnya, sejak itu pembalap berjuluk The Doctor belum pernah merasakan berdiri gagah di podium pertama.
Perasaan putus asa itu kembali muncul jelang balapan di Mugello. Salah
satu masalahnya terletak pada kecepatan M1 dan ini mirip dengan apa yang
dialami Rossi musim lalu.
"Sepertinya kita sangat menderita di jalan lurus tahun ini. Dengan kecepatan tinggi kami kehilangan banyak hal, jadi ini sulit, terutama dalam balapan ketika saya bertempur dengan Ducati dan mereka jauh lebih cepat di trek lurus, yang membuatnya sulit untuk mengatur overtake," keluh Rossi dikutip dari Motor Sport, Jumat (24/5).
Masalah terbesar bagi Yamaha adalah bahwa para insinyurnya tidak dapat melakukan apa pun untuk memberikan kecepatan pada YZR-M1 2019. Rossi menyatakan bahwa ia merasa tim tak banyak berkembang tahun ini.
"Pabrikan lain telah membuat langkah lain pada trek lurus, terutama Honda, dan sekarang perbedaannya sangat besar. Ini adalah situasi sulit buat kami, jadi kita harus memberikan yang terbaik untuk berjuang mendapatkan podium," tambah Rossi.
"Kalau tidak, motor tahun ini baik untuk dikendarai. Kami telah meningkatkan masa pakai ban dengan beberapa hal berbeda dan sepertinya saya pandai dalam pengereman. Kecepatan kami akan sangat tergantung pada tata letak trek. Yang benar adalah bahwa sejak 2004 Yamaha tidak pernah fantastis di trek lurus tetapi tahun ini kami kehilangan sangat banyak," pungkas Rossi.
Sekadar informasi, fakta bahwa tim Yamaha tidak pernah membangun perkembangan motor terjadi sejak kelas 500cc. Secara historis, para pembalapnya telah memenangkan balapan menggunakan kemampuan ramah pengguna dan kecepatan sudut motor mereka. Rossi memenangkan kemenangan terakhirnya di Mugello kendati handicap kecepatan tinggi 2mph / 3,2kmh.
Namun, MotoGP telah mengalami perubahan besar sehingga tim Yamaha tampak kesulitan untuk membuat inovasi pada M1 di trek lurus. Tempat terbaik untuk membandingkan kecepatan motor MotoGP 2019 adalah COTA, yang mencakup trek lurus MotoGP terpanjang, di mana para joki di kelas utama mampu berakselerasi dari gigi pertama menjadi sekitar 217mph / 350kmh.
"Sepertinya kita sangat menderita di jalan lurus tahun ini. Dengan kecepatan tinggi kami kehilangan banyak hal, jadi ini sulit, terutama dalam balapan ketika saya bertempur dengan Ducati dan mereka jauh lebih cepat di trek lurus, yang membuatnya sulit untuk mengatur overtake," keluh Rossi dikutip dari Motor Sport, Jumat (24/5).
Masalah terbesar bagi Yamaha adalah bahwa para insinyurnya tidak dapat melakukan apa pun untuk memberikan kecepatan pada YZR-M1 2019. Rossi menyatakan bahwa ia merasa tim tak banyak berkembang tahun ini.
"Pabrikan lain telah membuat langkah lain pada trek lurus, terutama Honda, dan sekarang perbedaannya sangat besar. Ini adalah situasi sulit buat kami, jadi kita harus memberikan yang terbaik untuk berjuang mendapatkan podium," tambah Rossi.
"Kalau tidak, motor tahun ini baik untuk dikendarai. Kami telah meningkatkan masa pakai ban dengan beberapa hal berbeda dan sepertinya saya pandai dalam pengereman. Kecepatan kami akan sangat tergantung pada tata letak trek. Yang benar adalah bahwa sejak 2004 Yamaha tidak pernah fantastis di trek lurus tetapi tahun ini kami kehilangan sangat banyak," pungkas Rossi.
Sekadar informasi, fakta bahwa tim Yamaha tidak pernah membangun perkembangan motor terjadi sejak kelas 500cc. Secara historis, para pembalapnya telah memenangkan balapan menggunakan kemampuan ramah pengguna dan kecepatan sudut motor mereka. Rossi memenangkan kemenangan terakhirnya di Mugello kendati handicap kecepatan tinggi 2mph / 3,2kmh.
Namun, MotoGP telah mengalami perubahan besar sehingga tim Yamaha tampak kesulitan untuk membuat inovasi pada M1 di trek lurus. Tempat terbaik untuk membandingkan kecepatan motor MotoGP 2019 adalah COTA, yang mencakup trek lurus MotoGP terpanjang, di mana para joki di kelas utama mampu berakselerasi dari gigi pertama menjadi sekitar 217mph / 350kmh.
Tahun lalu di COTA, Rossi lebih lambat 3.42mph / 5.5kmh dari
kecepatan daripada motor tercepat. Tahun ini cacatan meningkat menjadi
4,47mph / 7,2kmh. Ketika seorang pengendara tidak memiliki kecepatan
tertinggi sebanyak itu, ia akan merasa sangat sulit untuk menginjak rem
dan ia akan mencoba untuk mengompensasi defisit itu dengan memasuki
tikungan yang lebih agresif, sehingga ban depannya akan menurun lebih
cepat.
Di Le Mans, Rossi duduk di bagian paling bawah dari grafik kecepatan tertinggi - 6.7mph / 10.8kmh di belakang motor tercepat - meskipun ini tidak selalu mencerminkan kinerja motor karena pengendara sudah menyiapkan pergantian putaran super cepat ketika mereka pergi melalui perangkap kecepatan Le Mans. Namun, Rossi berlomba dengan aero sayap ganda Yamaha untuk pertama kalinya dan menyarankan bahwa meskipun paket aerodinamis ini membantu akselerasi dengan mengurangi wheelies, itu mungkin membuat terlalu banyak hambatan pada kecepatan tinggi.
Di Le Mans, Rossi duduk di bagian paling bawah dari grafik kecepatan tertinggi - 6.7mph / 10.8kmh di belakang motor tercepat - meskipun ini tidak selalu mencerminkan kinerja motor karena pengendara sudah menyiapkan pergantian putaran super cepat ketika mereka pergi melalui perangkap kecepatan Le Mans. Namun, Rossi berlomba dengan aero sayap ganda Yamaha untuk pertama kalinya dan menyarankan bahwa meskipun paket aerodinamis ini membantu akselerasi dengan mengurangi wheelies, itu mungkin membuat terlalu banyak hambatan pada kecepatan tinggi.
No comments:
Post a Comment